Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Dengan Mudah

Diposting pada

Cara membuat daftar isi otomatis bisa anda lakukan dengan mudah jika memang sudah mengetahui tata caranya. Tapi jika belum mengetahuinya hal yang sebenarnya mudah menjadi sulit. Seperti membuat daftar isi sebenarnya mudah jika mengetahui caranya. Tapi bagi yang tidak mengetahui cara dan tipsnya akan terasa rumit. Apalagi jika dokumen yang dibuat lebih dari 20 halaman. Jika dilakukan manual tentunya akan membutuhkan waktu yang cukup lama.

Nah, jika anda tahu sebenarnya pembuatan daftar isi itu kan biasanya si Ms. World. Pada toolbar sebenarnya sudah ada dan disediakan secara otomatis. Hanya saja karena terlalu banyaknya toolbar dan tidak mudah untuk mengingatnya maka daftar isi yang sudah disediakan menjadi rumit. Untuk mengetahui bagaimana membuat daftar isi secara otomatis yuk simak pada paragraf selanjutnya.

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Di Ms. World Dengan Cepat Dan Mudah

Cara membuat daftar isi otomatis
Cara membuat daftar isi otomatis

Berikut ini langkah-langkah yang bisa anda lakukan untuk membuat daftar isi secara otomatis.

  1. Silahkan anda blok judul atau subjudul yang ada pada dokumen

Langkah awal yang bisa anda lakukan yaitu dengan mengklik judul atau sub judul yang diinginkan. Anda bisa blok dengan memakai select auto klik pada judul atau sub judul sebanyak 3 kali.

  1. Pilihlah tipe heading sesuai dengan kebutuhan dan kesesuaian dokumen

Jika teks judul atau sub judul sudah terblokir maka anda bisa memilih tipe heading pada menu Home. Anda bisa memilih tipe Heading 1 untuk judul, Heading 2 untuk sub judul dan Heading 3 untuk sub sub judul.

  1. Silahkan atur style pada heading yang sudah anda pilih

Jika anda sudah memilih tipe heading maka secara default tulisan yang ada pada toolbar home akan berwarna biru. Nah ada bisa mengganti style heading sesuai dengan keinginan dengan klik kanan pada tipe hedging maka akan muncul menu modify. Setelah itu anda bisa mengatur heading sesuai dengan yang diinginkan.

  1. Lakukan hal yang sama pada sub judul selanjutnya

Silahkan anda ulangi lagi langkah awal sampai langkah nomor 3 pada sub judul dan sub sub judul selanjutnya sampai akhir dokumen.

  1. Silahkan sisipkan halaman khusus untuk membuat daftar isi anda

Jika sudah selesai langkah awal sampai nomor 4 selanjutnya silahkan anda untuk menyisipkan halaman kosong untuk daftar isi. Jika sebelumnya anda sudah menyiapkannya itu justru lebih bagus. Tapi jika anda belum menyiapkannya maka bisa membuat halaman khusus untuk daftar isi. Cara menyisipkan dengan memilih tab insert kemudian pilih blank page. Setelah itu akan muncul halaman kosong dan silahkan anda beri judul daftar isi.

  1. Silahkan masukkan daftar isi dengan menggunakan tab reference

Langkah selanjutnya membuat daftar isi secara otomatis dengan menu tab reference . Caranya dengan klik menu tab References kemudian pilih table of content . Secara otomatis daftar isi akan muncul berbagai style daftar isi.

Baca juga : Cara Mengatasi HP Lemot

  1. Pilihlah daftar isi sesuai dengan kebutuhan

Pada menu style daftar isi anda akan memilih jenis daftar isi yang ingin anda gunakan. Untuk menggunakan daftar isi secara otomatis anda bisa memilih automatic table 1 ataupun automatic table 2.

  1. Silahkan update konten pada daftar isi

Anda bisa melakukan update of content jika terjadi perubahan pada dokumen yang sebelumnya sudah terdapat daftar isi. Update Konten ini jika memang diperlukan saja. Jika dokumen sudah siap dan jadi sedemikian rupa maka anda tidak perlu mengguna update konten.

Jika suatu hari dokumen yah anda sudah berikan daftar isi mengalami perubahan. Sehingga halaman yang ada pada daftar isi dan dokumen sebelumnya berubah anda tidak usah membuatnya dari awal. Cukup hanya dengan melakukan update konten daftar isi akan berubah sesuai dengan halaman baru pada dokumen.

Caranya cukup mudah saja, silahkan anda buka halaman daftar isi setelah itu pilih update konten maka akan muncul dua pilihan yaitu update entire table dan update page numbers only.

Update entire table digunakan janda mengubah isi dan judul ataupun sub judul pada dokumen. Menu tersebut akan mengubah judul yang ada di daftar isi sekaligus halamannya juga.

Update page numbers only ini digunakan ketika anda tidak mengubah judul. Tapi anda hanya akan mengubah nomor halaman saja karena ada penambahan ataupun pengurangan halam dokumen. Menu tersebut hanya akan mengubah halaman saja. Disarankan sebaiknya anda memilih opsi update entire table untuk membuat sinkro beberapa perubahan yang anda lakukan pada dokumen.

  1. Silahkan sesuaikan format tulisan dengan daftar isi yang sudah ada

Setelah anda melakukan langkah awal sampai langkah pembuatan daftar secara otomatis biasanya ka muncul daftar isi beserta halaman dan tab berupa titik – titik. Tapi terkadang juga masih ada yang menggunakan format default sehingga terkesan kurang rapi.

Baca juga : Cara Ganti Password WiFi TP Link

Nah, untuk menyesuaikan anda bisa melakukan select atau blok di keseluruhan tulisan yang ada di daftar isi. Setelah itu anda pilih  format tulisan yang dibutuhkan oleh dokumen anda. Contohnya saja jika anda ingin daftar isi menggunakan jenis huruf calibri ukuran 12.

Langkah awal silahkan anda blok konten daftar isi dengan cara klik titik tiga kemudian pilihlah jenis huruf dan ukuran. Adapun ukuran dan jenis huruf ini terdapat di tab Home.

  1. Simpan dokumen

Setelah anda melakukan langkah awal sampai akhir jangn lua langkah yang paling penting adalah menyimpan dokumen. Hal ini bertujuan agar perubahan yang anda lakukan bisa tersimpan dan tidak hilang. Untuk menyimpan dokumen anda bisa menghentikan icon save tau CTRL + S.

Bagaimana menurut anda tentang Cara membuat daftar isi otomatis yang sudah dijelaskan langkah awal sampai akhir? Tentunya sudah sangat jelas bukan? Nah selain membuat daftar isi secara otomatis anda bisa juga mengetahui bagaimana tips mudah untuk membuat daftar isi di Ms. World.

Berikut Ini Lah Tips Yang Bisa Anda Lakukan

  • Silahkan update terlebih dahulu daftar isi sebelum dan mencetaknya maupun mempublikasikannya.

Sebaiknya anda meneliti terlebih dahulu daftar isi yang anda buat sebelum mempublikasikannya atau mencetaknya. Hal tersebut bertujuan agar tidak terjadi kesalahan setelanya. jika anda melakukan perubahan tapi lupa kan bisa jadi juga. Untuk itu sebaiknya anda mengecek ulang lagi daftar isi yang sudah dibuat.

  • Format huruf beserta ukuran sebaiknya dilakukan belakangan

Jika anda sekiranya masih mengubah dokumen atau update daftar isi sebaiknya memilih font untuk daftar isi dilakukan belakangan saja. Karena jika anda sudah melakukan update daftar isi biasanya akan kembali lagi ke bentuk default. Untuk emperaingkat waktu sebaiknya dilakukan di belakang saja setelah semua dokumen benar-benar sudah selesai dan siap untuk dicetak atau di publikasikan.

Cara membuat daftar isi otomatis mudah untuk dibuat jika sudah mengetahui caranya. Nah anda dapat menggunakan cara membuat daftar isi secara otomatis swaai dengan langkah -langkah yang sudah dijelaskan sebelumnya. Dengan begitu membuat daftar isi tidaklah rumit dan sulit.

Gambar Gravatar
Teminal Tekno adalah Blog yang menyajikan berbagai macam informasi seputar teknologi, smartphone, kumputer dan sejenisnya yang paling update.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *