Fungsi dan Cara Membuat Email

Diposting pada

Meskipun semua orang telah menggunakan smartphone, namun tetap saja hanya beberapa orang yang tahu cara membuat email. Padahal untuk membuat email itu sangat mudah. Satu – satunya cara agar bisa memiliki email yaitu dengan meminta tolong orang untuk membuatkannya, khusus bagi yang tidak bisa membuat email. Entah itu staff counter, teman, keluarga dan lain sebagainya.

Email mempunyai peran yang sangat penting bagi setiap individu. Maka dari itulah setiap orang pula harus mempunyai email, meskipun hanya satu.

Fungsi Email

Cara Membuat Email
Cara Membuat Email

Selama ini banyak orang yang sadar untuk mempunyai email. Namun sebagian besar sama sekali tidak menyadari berbagai macam fungsi dari email. Inilah fungsi email :

  1. Connect to Android

Fungsi email yang pertama yaitu connect to Android. Sistem Operasi smartphone ini baru dapat digunakan jika telah mempunyai email dan menjadi syarat utama. Jika sama sekali belum memiliki email, maka akan langsung dibawa untuk mendaftar email terlebih dahulu.

Biasanya alamat email yang dapat digunakan untuk Android yaitu gmail. Semua smartphone selalu mempunyai aplikasi bawaan dari Google. Beberapa diantaranya ada yang dapat dihapus, tetapi ada pula yang bersifat permanen. Inilah yang juga menjadi alasan untuk alamat email sesalu identik dengan Gmail.

  1. Akses untuk layanan Google / sebagai Google account

Google mempunyai beberapa layanan selain browser dan email. Semua layanan Google dapat digunakan secara otomatis jika telah mempunyai alamat email Google. Gmail juga dapat sekaligus sebagai akun google.

  1. Memudahkan untuk berkomunikasi

Hampir semua media komunikasi / media sosial selalu mengharuskan pengguna untuk melakukan verifikasi email. Sebenarnya bukan hanya sekedar untuk verifikasi, tetapi dapat pula digunakan untuk media komunikasi utama melalui aplikasi bawaan Google, entah Gmail itu sendiri, Google office, Google meet, Google duo dan lain sebagainya.

Baca juga : Aplikasi Edit Video PC

  1. Registrasi

Registrasi pada fungsi email ini bersifat universal. Dalam arti semua macam bentuk registrasi, pasti diharuskan untuk mencantumkan alamat email. Misalnya registrasi sekolah, pembuatan akun perbankan, asuransi, e-commerce, games, media sosial dan lain sebagainya.

Tanpa mencantumkan alamat email, tidak akan dapat melakukan registrasi dalam bentuk apapun. Kalaupun ada yang tidak mengharuskan untuk mencantumkan email, hanya segelintir dan a itu adalah registrasi dalam skala kecil.

  1. Identitas

Email dapat pula dijadikan sebagai identitas diri dalam bentuk digital. Hal ini sebenarnya terlihat jelas pada saat membuat akun Gmail. Pengguna akan disuguhkan untuk mengisi form data diri, mulai dari tempat tanggal lahir, foto diri dan beberapa deskripsi lain. Maka dari itu lengkapi form dengan data valid.

  1. Akses untuk mencari pekerjaan

Beberapa perusahaan menerima pengajuan lamaran pekerjaan melalui email. Hal ini dianggap sangat efektif dan efisien. Bahkan menjadi opsi utama untuk segera melamar setelah beberapa menit memperoleh info loker.

Dengan melamar pekerjaan melalui email, tidak membuang waktu dan tenaga. Bahkan dapat menghemat pengeluaran. Sehingga dapat mengalokasikan pengeluaran untuk biaya lain.

  1. Media bisnis

Email juga dapat digunakan sebagai ladang untuk bisnis, khususnya bagi perusahaan – perusahaan besar. Mereka selalu menggunakan email untuk melakukan promosi dan mengirim beberapa dokumen penting hingga mengajukan proposal.

Baca juga : Cara Membuat Daftar Isi Otomatis

Email saat ini menjadi salah satu media komunikasi yang mempunyai kapasitas file yang hendak dikirim dalam ukuran besar. Maksimal ukurannya pun seolah tidak terbatas, dapat mencapai beberapa giga bytes.

  1. Media pekerjaan

Beberapa profesi, khususnya influencer / freeancer selalu menggunakan email untuk urusan pekerjaan. Semua daftar pekerjaan yang harus diselesaikan dengan segera dan beberapa info lain, akan dikirim melalui email.

Cara Membuat Email

Ada 2 media yang dapat dilakukan untuk membuat email, yaitu komputer dan smartphone / tablet. Meskipun nampak sama, tetapi step by step cara membuat email berbeda. Proses membuat email melalui komputer / browser jauh lebih singkat daripada melalui smartphone.

Membuat email melalui smartphone :

  • Buka menu setting / pengaturan, khusus untuk smartphone baru biasanya akan langsung dialihkan untuk memasukkan alamat email / registrasi.
  • Scroll ke bawah dan pilih menu akun / account.
  • Pilih tanda (+) / add account / tambah akun baru.
  • Pilih ikon Google. Dapat pula dengan memilih alamat lain, namun mungkin tidak mempunyai akses secara otomatis untuk aplikasi bawaan Google.
  • Kemudian akan muncul layar sign in, biasanya tampilan berwarna biru. Pilih create new accounts.
  • Lengkapi nama depan dan belakang. Dapat pula menggunakan nama samaran, supaya dapat dengan mudah untuk membuat nama alamat email yang unik.
  • Setelah itu klik Next.
  • Lengkapi data tanggal lahir dan jenis kelamin dan klik Next.
  • Membuat username. Dalam pembu username ada 2 pilihan, yaitu membuat sendiri dan rekomendasi sistem. Jika hendak membuat sendiri pastikan bahwa username itu dapat digunakan / belum pernah dipakai orang lain. Sedangkan untuk rekomendasi sistem, pilih salah satu.
  • Klick next dan akan muncul keterangan apakah username itu dapat digunakan / tidak. Jika dapat digunakan maka lanjut ke step berikutnya. Jika tidak dapat digunakan, sebaiknya ganti username / sesuai dengan rekomendasi sistem.
  • Masukkan password 2 kali dengan meliputi karakter huruf kecil, huruf besar, angka / karakter unik. Minimal panjang password yaitu 8 karakter.
  • Selanjutnya klick next.
  • Ada beberapa form yang harus diisi, namun jika tidak berkenan untuk mengisinya dapat diskip.
  • Pada tampilan privacy and terms, klik agree. Untuk list pada privacy and terms, dapat dibaca terlebih dahulu. Namun jika malas untuk membacanya, dapat diabaikan.
  • Proses registrasi akun pun telah berhasil. Lalu masukkan ulang username dan password untuk log in ke email pertama kalinya.
  • Kemudian akan muncul beberapa ketentuan pembayaran. Hal ini dapat diskip dengan memilih No Thanks, selanjutnya klik Next.
  • Akun gmail telah dapat digunakan.

Membuat email melalui komputer / browser :

  • Buka browser pada komputer / smartphone.
  • Masukkan alamat http://gmail.com dapat pula dengan melalukan pencarian Google dengan kata kunci Gmail.
  • Pada halaman Gmail pilih create new account.
  • Lengkapi form yang ada.
  • Pada kolom username, perhatikan dengan seksama. Saat memasukkan username, pastikan tidak ada keterangan “username is taken”. Jika ada, gantilah username / sesuai dengan rekomendasi yang ada.
  • Untuk kolom password, pastikan pula berada dalam skala strange / kuat.
  • Setelah semua form terisi, klick next step. Lalu akan muncul tampilan privacy and terms. Pada tampilan itu pilih agree.
  • Proses registrasi telah berhasil.

Itulah penjelasan tentang fungsi dan cara membuat email Google / Gmail. Baik dengan membuat melalui smartphone / browser maupun komputer pada dasarnya sama. Hanya tinggal memilih mana yang lebih efisien dan efektif.

Gambar Gravatar
Teminal Tekno adalah Blog yang menyajikan berbagai macam informasi seputar teknologi, smartphone, kumputer dan sejenisnya yang paling update.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *