6 Cara Mengatasi HP Lemot

Diposting pada

Cara Mengatasi HP Lemot – Di era digital seperti sekarang ini, HP sudah menjadi suatu kebutuhan pokok dan tidak bisa terpisahkan dari aktivitas harian. Mulai dari pendidikan, pekerjaan bahkan hiburan. HP yang lemot sering kali membuat seseorang bete dan kesal. Bagaimana tidak, aktivitas menjadi terganggu. Ingin membuka sebuah aplikasi saja harus menunggu beberapa saat.

Penyebab HP Lemot

HP lemot atau lola dapat disebabkan oleh beberapa faktor, namun yang paling berpengaruh adalah menurunnya performa ponsel yang selanjutnya berakibat smartphone menjadi lemot dan mengalami lag. Lalu apa saja yang mengakibatkan penurunan performa ponsel? Antara lain yaitu:

  • Kapasitas internal yang penuh
  • Kualitas memori eksternal yang digunakan buruk
  • RAM penuh
  • Kondisi baterai yang sudah

Nah, untuk mengatasi hal tersebut, berikut ini ada 6 cara mengatasi hp lemot. Langsung cek saja ya.

Cara Mengatasi HP yang Lemot

Cara Mengatasi HP Lemot
Cara Mengatasi HP Lemot

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, HP yang lemot disebabkan oleh performa ponsel yang menurun dan besar kecilnya kapasitas RAM adalah suatu hal yang sangat berpengaruh secara signifikan. Bahkan saat ini sudah banyak perusahaan yang meluncurkan smartphone dengan kapasitas RAM hingga 8 GB.

Setelah Anda mengetahui beberapa hal yang menyebabkan HP lemot, maka berikut ini 6 cara mengatasi HP lemot agar bisa gahar lagi. Yuk simak informasi selengkapnya di bawah ini:

  1. Kurangi Ruang Penyimpanan

Hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengurangi ruang penyimpanan. Setiap smartphone pasti mengantongi kapasitas memori yang berbeda, selain RAM ternyata kapasitas internal juga bisa menjadi penyebab hp lemot loh.

Baca juga : Cara Ganti Password WiFi TP Link

Oleh karena itu, untuk mengatasi hp yang lemot sebaiknya Anda kurangi menyimpan terlalu banyak data maupun aplikasi yang tidak penting dan tidak digunakan. Jadi, jika Anda memang butuh menyimpan banyak data, maka carilah smartphone yang dibekali dengan slot memori eksternal atau yang memiliki kapasitas internal luas ya.

  1. Kurangi Aplikasi Tak Berguna

Biasanya smartphone memiliki aplikasi bawaan yang sedikit tidak berguna, nah jika HP Anda mengalami lemot maka sebaiknya hapus saja aplikasi tak berguna agar kapasitas RAM menjadi lebih leluasa.

Untuk mengakali hal tersebut, Anda dapat memasang satu aplikasi namun dengan beberapa fitur sekaligus. Seperti Clean Master atau Apps2SD jika smartphone Anda sudah di-root. Dengan satu aplikasi tersebut, Anda sudah bisa melakukan beberapa hal seperti backup aplikasi, partisi SD card, menghubungkan aplikasi ke memory card dan masih banyak lainnya.

Alih-alih menyimpan terlalu banyak aplikasi dan tidak mesti digunakan, lebih baik dengan sau aplikasi multifungsi bukan?

  1. Manfaatkan Aplikasi Auto Kill

Jika Anda doyan melakukan multi tasking dengan Android, pasti sudah sangat terbiasa dengan begitu banyak aplikasi di Recent Apps. Padahal hal tersebut sangat membuat RAM sesak dan performa ponsel menjadi menurun.

Coba deh manfaatkan aplikasi auto kill, sehingga aplikasi tidak akan berjalan di background dan performa smartphone Anda akan tetap terjaga.

Baca juga : Cara Chat WA Tanpa Save Nomor

  1. Kurangi Widget

Keberadaan widget di homescreen memang sangat berguna karena Anda dapat mengakses berbagai aplikasi dengan cepat tanpa harus membuka aplikasi terkait. Selain itu, tampilan homescreen Anda akan tampak lebih rapi dan indah dengan adanya sederet widget.

Namun tahukah Anda, jika terlalu banyak menggunakan widget akan berdampak pada penurunan performa akibat kapasitas RAM yang terus menurun? Oleh karena itu, dengan mengurangi widget maka akan mengatasi HP yang lemot atau lola.

  1. Mematikan Fitur Auto Sinkron

Cara mengatasi HP lemot selanjutnya adalah dengan mematikan fitur auto sinkron. Memang agar terhubung dengan semua akaun yang ada dalam smartphone Anda harus mengaktifkan fitur auto sinkron atau Auto-Sync, namun hal ini berpengaruh besar terhadap penurunan kinerja ponsel.

Jelas saja hal tersebut juga menyebabkan HP Anda lemot, jadi sebaiknya matikan fitur tersebut agar performa smartphone Anda tetap terjaga dengan baik.

  1. Kosongkan Cache

Cache merupakan ruang penyimpanan sementara aplikasi yang pernah atau sedang Anda gunakan, sehingga mempermudah untuk membuka aplikasi yang pernah dibuka sebelumnya. Namun jika aplikasi tersebut dibiarkan terus menerus menumpuk, maka akan membuat HP Anda menjadi lola atau lemot.

Nah, untuk mengatasi HP lemot karena penumpukan chace Anda harus membersihkannya. Caranya dengan masuk ke Settings – Apps _ All kemudian carilah aplikasi yang ingin Anda bersihkan Chace datanya. Atau bersihkan sekaligus Cache yang ada pada HP Anda dengan melalui Settings – Storage – Cached Data, dan klik OK ketika ada pop up muncul.

Jadi, itu dia 6 cara mengatasi HP lemot yang bisa Anda coba. Pilihlah cara sesuai dengan penyebab smartphone Anda lemot ya. Perlu diperhatikan, performa sebuah smartphone tidak selalu bergantung pada besar atau kecilnya RAM, namun bagaimana Anda menjaganya. Tingkatkan performa HP Anda agar nggak lemot ya.

Gambar Gravatar
Teminal Tekno adalah Blog yang menyajikan berbagai macam informasi seputar review, teknologi, smartphone, komputer, aplikasi, dan sejenisnya yang paling update.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *