Transformasi Mudah Mengubah File JPG ke PDF

Diposting pada

Mengubah file JPG ke PDF kadang kamu perlukan ketika mengisi beberapa formulir dan berkas yang diminta bukanlah berkas JPG melainkan PDF. Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengganti berkas yang memiliki bentuk JPG ke PDF.

Kamu bisa mengganti berkas JPG ke PDF baik secara online maupun offline. Selain itu, untuk perangkatnya, kamu juga bisa menggantinya baik melalui ponsel maupun PC.  Kamu juga memiliki pilihan untuk mengganti berkas JPG ke PDF melalui aplikasi maupun website tanpa perlu mengunduh aplikasinya terlebih dahulu.

Cara Gampang Ubah JPG ke PDF

Pertama, kamu bisa memilih untuk menggunakan ponsel atau PC.  Untuk mengganti berkas melalui PC, minimal windows yang kamu miliki adalah Windows 10. Jika bukan windows 10, maka kamu tidak akan bisa menggunakan cara ini.

Untuk mengganti format berkas melalui PC dengan windows 10, kamu perlu membuka terlebih dahulu foto yang hendak diubah formatnya. Bukalah foto hanya dengan aplikasi Preview. Lalu akan muncul beberapa menu di menu bar nya. Pilihlah menu Print atau cetak. Akan muncul halaman yang menampilkan pengaturan print terhadap berkas yang hendak dicetak. Kamu bisa pilih Microsoft Print to PDF untuk menduplikasi berkas dalam bentuk PDF. Kamu juga dapat menyesuaikan ukuran foto yang kamu inginkan. Setelah sesuai dengan harapanmu, klik menu Print. Setelah itu akan muncul halaman baru. Kamu tinggal memilih folder tempat penyimpanan berkas barumu, lalu berikan nama yang kamu inginkan.

Mengubah file JPG ke PDF
Mengubah file JPG ke PDF

Kedua, jika kamu ingin mengganti bentuk berkas JPG ke PDF, kamu juga dapat melakukannya melalui ponsel. Sayangnya, untuk melakukannya kamu membutuhkan bantuan aplikasi, karena ponsel baik android maupun iOS, tidak membekali perangkatnya dengan fitur convert file ini.

Kamu dapat mendownload berbagai aplikasi converter yang tersedia di Playstore maupun Appstore.  Di playstore, beberapa aplikasi yang dapat kamu coba adalah PDF Docs Scanner dan Converter, Scanner App to PDF, Image to PDF Converter, JPG to PDF Converter, dan masih banyak lagi aplikasi yang lain. Beberapa aplikasi tersebut, ada yang bisa digunakan secara offline, ada juga yang mengharuskanmu online.

Baca juga : Product Key Windows 10

Selain melalui aplikasi, kamu juga dapat mengganti bentuk JPG ke PDF melalui website. Banyak website yang menyediakan layanan convert ini secara cuma-cuma alias gratis. Tinggal kamu ketikkan di kolom pencarian “mengganti JPG ke PDF” maka akan muncul beberapa website yang menyediakan jasa convert tersebut, seperti jpg2pdf.com, smallpdf.com, ilovepdf.com, free pdf convert, soda pdf, pdf candy, pdf2go, dan berbagai situs lain yang serupa. Beberapa situs mungkin memiliki langkah-langkah dan prosedurnya tersendiri, untuk itu pilihlah situs maupun website yang paling mudah dan cepat.

Mengubah file JPG ke PDF melalui website juga dapat kamu lakukan melalui PC. Langkah-langkahnya juga sama. Tinggal kamu buka aplikasi browser yang ada di PC yang kamu miliki, lalu ketikkan di kolom pencarian.

Jika PC yang kamu miliki belum menggunakan Windows 10, kamu bisa menggunakan beberapa aplikasi yang bisa kamu unduh. Beberapa aplikasi ini juga memungkinkan kamu mengkonversikan berkas JPG tanpa perlu menggunakan koneksi internet, jadi tidak perlu menyambungkannya ke jaringan Wifi terlebih dahulu.

Beberapa aplikasi yang dapat kamu coba di PC adalah Photoshop, Photos App, dan Nitro PDF. Tiga aplikasi ini adalah aplikasi yang biasa ada di PC, atau bahkan bawaan dari PC. Jika memang PC mu belum terinstal salah satu dari aplikasi ini, kamu dapat menginstalnya terlebih dahulu. Aplikasi-aplikasi tersebut tidak hanya bisa digunakan untuk mengkonversikan JPG ke PDF saja, loh! Kamu juga dapat melakukan editing foto dengan aplikasi tersebut.

Kamu tidak perlu kuatir jika mengkonversikan berkas JPG ke PDF melalui Photoshop, misalnya akan ribet. Mengganti bentuk JPG ke PDF melalui Photoshop sama sekali tidak ribet. Kamu tinggal membuka berkas JPG yang kamu perlukan di Photoshop. Di aplikasi Photoshop terdapat beberapa pilihan menu di bagian atasnya, yaitu File, Edit, Image, Layout, Type, Select, Filter, ID, View, Window, dan Help.

Kamu tinggal memilih menu File. Seperti halnya ketika kamu hendak menyimpan berkas di Microsoft Word dalam bentuk PDF, kamu hanya perlu melakukan hal yang sama, yaitu memilih menu Save As yang ada. Setelahnya akan muncul jendela baru yang menunjukkan lokasi folder tempat kamu ingin menyimpan berkasmu. Jika sudah, ubahlah nama berkas sesuai yang kamu inginkan. Pilihlah formatnya sesuai keinginan kamu, yaitu PDF. Selesai. Kamu tinggal klik Save dan jadilah bentuk PDF nya.

Baca juga : Aplikasi Screenshoot PC

Keistimewaan Format PDF

Foto memang biasanya disimpan dalam bentuk JPG, PNG, dan JPEG. Format lain yang mungkin kamu temui adalah GIF. Namun, dalam beberapa kasus, kamu juga membutuhkan format foto dalam bentuk PDF meskipun PDF biasanya digunakan sebagai format dokumen yang berupa tulisan.

Foto dalam bentuk PDF ini biasanya diperlukan untuk memenuhi persyaratan ketika mengisi formulir atau memenuhi persyaratan saat melakukan pengajuan untuk suatu hal. Ada beberapa pihak yang memang meminta foto dalam bentuk PDF, bukan JPG. Hal ini karena bentuk PDF memang memiliki beberapa keistimewaan yang tidak dimiliki format berkas yang lain.

Pertama, bentuk PDF sangat fleksibel dan bisa diakses dari berbagai macam perangkat tanpa merubah tampilannya. Dalam artian bahwa bentuk format PDF memiliki bentuk yang stabil bahkan dapat menyesuaikan besar kecilnya perangkat yang dipakai tanpa sama sekali merubah bentuk tampilannya.

Kedua, kestabilan kualitas visualnya. Seperti halnya kelebihannya di poin pertama, bentuk PDF juga menguntungkan dilihat dari sisi kualitas visual yang ditampilkan. Ketika hendak mencetak berkas juga akan lebih aman menggunakan bentuk PDF apalagi jika kamu masih mau memindahkannya ke perangkat yang lain. Kualitas dari satu perangkat ke perangkat lain akan tetap sama jadi hasil cetakmu akan tetap terjaga.

Keuntungan dan keistimewaan yang dimiliki PDF inilah yang mungkin melatarbelakangi beberapa pihak lebih memilih untuk meminta berkas dalam bentuk PDF bahkan dalam berkas foto sekalipun dari pada format berkas yang lain. Hal ini juga menjadi cara untuk menghindari berkas tidak terbaca dengan baik karena kualitas formatnya yang menurun disebabkan oleh beberapa alasan.

Mengubah file JPG ke PDF sama sekali tidak ribet. Kamu hanya membutuhkan waktu sekitar satu sampai lima menit untuk melakukannya. Cara yang perlu kamu tempuh juga banyak, tinggal menentukan cara mana yang kamu pilih. Jika kamu sering membutuhkan layanan konversi ini, kamu mungkin bisa memikirkan untuk mengunduh aplikasinya di ponselmu, sehingga kamu bisa mengkonversikan bentuk JPG ke PDF dimanapun dan kapanpun secara lebih fleksibel. Namun jika memang memori penyimpanan di ponselmu penuh, kamu bisa juga menggunakan layanan yang ada di website dengan syarat kamu dalam keadaan online.

Gambar Gravatar
Teminal Tekno adalah Blog yang menyajikan berbagai macam informasi seputar teknologi, smartphone, kumputer dan sejenisnya yang paling update.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *