Bingung dengan Perbedaan SSD dan HDD? Baca Informasinya di Sini

Diposting pada

Perbedaan SSD dan HDD adalah salah satu hal yang banyak dipertanyakan orang. Hal ini bukan tanpa alasan, sebagai jenis penyimpanan baru dalam dunia PC mungkin banyak dari kita yang bingung apa perbedaan antara SSD dan HDD. Apakah perbedaan tersebut dari segi harga, cara kerja, atau mungkin teknologinya?

Nah, jika Anda adalah salah satu orang yang sedang mencari informasi mengenai perbedaan keduanya pastinya artikel di bawah ini cocok untuk Anda. Beberapa perbedaan dari kedua jenis penyimpanan ini terdapat pada kecepatannya dalam melakukan baca dan tulis data, cara kerja dan masih banyak lagi lainnya. Bagi Anda yang sudah penasaran, tak perlu menunggu lama-lama langsung simak ulasannya di bawah ini.

Ungkap Perbedaan SSD dan HDD Untuk Laptop

Setiap teknologi pastinya membawa kelebihan dan kekurangannya masing-masing, sama seperti SSD dan HDD ini. Biasanya, teknologi keluaran terbaru akan ditenagai dengan kelebihan-kelebihan untuk memperbaiki teknologi sebelumnya. Lalu, kira-kira apa saja kelebihan yang membedakan antara SSD dengan HDD? Baca informasi lengkapnya di bawah ini.

Perbedaan SSD dan HDD
Perbedaan SSD dan HDD

Cara kerja

Perbedaan SSD dan HDD yang pertama adalah dari cara kerjanya. Untuk HDD, cara kerjanya adalah dengan memadukan antara sistem mekanik dan elektrik. Sementara untuk SSD, sistem kerjanya adalah dengan menggunakan sistem full elektrik dimana dengan sistem ini maka tidak ada bagian yang bergerak saat proses pembacaan maupun penulisan data.

Kecepatan membaca dan menulis data

Berbicara masalah kecepatan data, maka SSD lebih unggul daripada HDD karena SSD mampu melakukan baca dan tulis data hingga delapan kali lebih cepat. Jika Anda membutuhkan laptop dengan kecepatan penulisan dan pembacaan data yang cepat, pastinya laptop dengan penyimpanan SSD adalah jawabannya. Namun jangan lupa untuk mempersiapkan bujet lebih jika Anda berencana membeli laptop SSD.

Baca juga : Cara Mengetahui Password Wifi

Bentuk dan ukuran

Dilihat dari bentuk dan ukurannya, HDD memiliki ukuran yang lebih besar daripada SSD. Hal ini menyebabkan laptop dengan penyimpanan SSD memiliki ukuran yang lebih kecil dan praktis daripada yang menggunakan HDD. Nah, jika Anda tidak ingin menambah beban di punggung dengan laptop berukuran besar maka penyimpanan SSD ini jawaban tepat untuk Anda.

Komponen penyusun

Komponen penyusun pada harddisk (HDD) menggunakan piringan cakram yang bisa berputar saat digunakan. Nah, hal ini berbeda dengan SSD yang mana hanya menggunakan micro chip, integrated circuit dan beberapa komponen lainnya untuk menyimpan arus dan tegangan.

Fragmentasi

Bagi Anda yang masih asing dengan kata fragmentasi, istilah ini mengacu pada ruang kosong yang ada di dalam media penyimpanan dimana kemunculannya diakibatkan karena penghapusan atau adanya perubahan data. Di awal, pengisian file di HDD akan tersusun rapi dan urut namun seiring berjalannya waktu jika terus terjadi perubahan data maka akan menyebabkan kinerja HDD terganggu. Namun, hal ini tidak akan terjadi di SSD karena di sini karena semua data sudah tersimpan di chip flash.

Harga

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bagi Anda yang ingin menggunakan laptop SSD maka harus mempersiapkan bujet lebih. Hal ini bukan tanpa alasan karena memang harga SSD sendiri di banderol lebih mahal daripada harga HDD. Perbedaan harganya pun cukup tinggi dimana untuk SSD berkapasitas 250 GB, harganya setara dengan HDD dengan kapasitas 1 TB.

Efek yang ditimbulkan

Pada poin pertama sudah dijelaskan bahwa sistem kerja HDD mengharuskan komponen di dalamnya bergerak. Nah, hal ini menyebabkan suara berisik dan juga membuat laptop lebih cepat panas. Namun, untuk laptop dengan penyimpanan SSD hal ini tidak berlaku karena pada penyimpanannya tidak ada komponen yang bergerak sehingga tidak menimbulkan laptop cepat panas dan juga tidak berisik.

Baca juga : Cara Membuka Situs Yang Diblokir Di Google Chrome

Rekomendasi Penyimpanan SSD Untuk Laptop

Setelah membaca ulasan di atas mungkin banyak dari Anda yang tertarik untuk menggunakan SSD, namun mungkin tak sedikit juga yang bingung harus memilih brand SSD apa yang kualitasnya bagus. Nah, jika Anda adalah salah satu yang bingung mencari rekomendasinya di bawah ini sudah ada beberapa brand SSD yang bisa pilih.

Samsung SSD 960 EVO

Sebagai salah satu perusahaan elektronik raksasa dari Korea Selatan, Samsung merilis SSD bernama Samsung SSD 960 EVO yang sudah dilengkapi dengan interface NVMe. Kelebihan interface ini adalah tersedianya bandwidth yang telah disempurnakan dan adanya TurboWhite yang mampu memberikan kinerja untuk generasi selanjutnya.

SSD satu ini dilengkapi dengan kemampuan membaca hingga 3200 MB/detik sementara kecepatan menulisnya sampai 1900 MB/detik. Tak hanya itu, Samsung SSD 960 EVO ini juga dibekali dengan sebuah Thermal Guard dimana keberadaannya akan mencegah overheating. Selain itu juga mampu melindungi data dan memaksimalkan kerjanya.

Samsung 950 Pro

Untuk keluarannya yang satu ini, Samsung membekali SSD ini dengan teknologi V-NAND yang mampu meningkatkan ke tahanannya dan juga memperpanjang usia penggunaannya dengan adanya isolator di dalamnya. Untuk kecepatan pembacaan datanya, SSD ini mampu membaca hingga 2500 MB/detik dan kecepatan menulisnya 1500 MB/detik.

Untuk mengatur suhu dan mempertahankan kinerja bekelanjutannya, SSD ini dilengkapi dengan teknologi Dynamic Thermal Throttling Protection. Jika Anda tertarik untuk membeli SSD ini, terdapat dua pilihan kapasitasnya yaitu 256 dan 512 GB yang di banderol dengan harga sekitar 2 hingga 5 jutaan.

Baca juga : Cara Menampilkan Layar HP Ke Laptop

WD Black 3D

Jika Anda adalah penggemar dari brand Western Digital atau disingkat WD ini maka, WD Black 3D ini bisa jadi pilihan tepat. Terdapat tiga pilihan kapasitas yaitu 256, 512 GB, dan 1 TB yang di banderol dengan harga mulai dari 1 hingga 5 jutaan. Produk keluaran WD ini ditenagai dengan kemampuan membaca data hingga 3400 MB/detik serta kemampuan menulis hingga 2800 MB/detik.

Untuk menghasilkan kinerja yang cepat, SSD ini dilengkapi dengan pengaturan daya yang inovatif serta pelambatan termal yang mampu mencegah panas berlebih. SSD ini hadir dengan form factor M.2 2280 S3 serta dilengkapi dengan antarmuka PCIe 3.0 x4.

Crucial P1

Crucial P1 ini dilengkapi dengan aplikasi Acronis True Image yang mana mampu mengamankan data-data Anda dengan melakukan pencadangan data. Terdapat dua pilihan kapasitas yaitu 500 GB dan 1 TB dengan pilihan harga sekitar 1 hingga 2 jutaan.

Untuk kecepatan pembacaan data, Crucial P1 yang sudah menggunakan NVMe PCIe M.2.  ini mampu membaca data hingga 200 MB/detik dan kecepatan menulis data hingga 1700 MB/detik. Tidak hanya itu, SSD ini juga dilengkapi dengan MTTF dengan ukuran sebesar 1.8 juta jam dan TBW hingga 200 TB.

Perbedaan SSD dan HDD di atas pastinya akan memudahkan Anda untuk menentukan apakah akan memilih laptop dengan penyimpanan HDD atau mencoba laptop dengan penyimpanan SSD. Nah, jika Anda memilih untuk membeli laptop dengan teknologi penyimpanan SSD, maka rekomendasi brand SSD di atas bisa digunakan sebagai referensi.

Gambar Gravatar
Teminal Tekno adalah Blog yang menyajikan berbagai macam informasi seputar review, teknologi, smartphone, komputer, aplikasi, dan sejenisnya yang paling update.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *